Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang) Oleh Septiani N. Effendi

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang) Oleh Septiani N. Effendi
  • Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang) oleh Septiani N. Effendi

    Berikut ini adalah resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang). Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang) yang dibuat oleh Septiani N. Effendi cukup untuk 4 buah onigiri.



    resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang)


    Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang)


    Porsi: 4 buah onigiri

    Bahan-bahan

    1. 1 cangkir takar beras putih
    2. 1 1/2 genggam beras ketan
    3. secukupnya Garam untuk memberi rasa nasinya
    4. secukupnya Air untuk membasahi telapak tangan & wadah pencetak
    5. Isian:
    6. 1 bgks Abon
    7. 1 kalengan Tuna chunk
    8. Bahan bumbu tuna chunk:
    9. sesuai selera Cabai merah/cabai rawit (ulek)
    10. secukupnya Garam
    11. secukupnya Penyedap rasa (bisa di skip)
    12. Sejumput gula putih
    13. Sejumput merica/lada hitam bubuk
    14. Bahan pelengkap:
    15. sedikit Biji wijen
    16. 1 Lembaran nori (Rumput laut kering)
    17. Alat:
    18. Cetakan onigiri dari plastik (bisa beli di supermarket)

    Langkah

    1. Campurkan beras dan beras ketan menjadi satu, cuci bersih lalu tanak seperti kita menanak nasi biasa di dalam Magic com.

    2. Sambil menunggu nasi ketan matang, buat isian tuna chunk. Tumis tuna chunk kalengan (saya biasa pakai dari King Fisher, tapi kalau suka yg lain boleh diganti), ulekan cabai merah/cabai rawit, beserta garam, gula, penyedap (boleh skip) dan merica/lada hitam bubuk hingga matang. Koreksi rasa.

    3. Isian onigiri sendiri opsional, sesuka kita saja mau masukan apa, terakhir saya pernah masukan suwiran ikan asin, katsuoboshi (Suwiran ikan tuna kering khas Jepang), sosis, bahkan acar timun. Jadi kreasi untuk membuat isian onigiri silakan dicoba dengan bermacam-macam varian isian kreasi sendiri. ^_^

    4. Setelah nasi ketan matang, taburi garam lalu aduk ketika nasi masih panas mengepul, tujuannya agar garam lumer dan menyatu dengan nasi sehingga ketika dimakan kita tidak akan menemui garam yang masih berbentuk kristal. Aduk merata dan cepat. Dinginkan nasi hingga hangat suam-suam kuku.

    5. Siapkan alat pencetak onigiri. Saya beli di supermarket, silakan cari di tempat alat masak/perlengkapan dapur/stand barang impor Jepang.

    6. Oleskan air pada tangan kita serta bagian dalam alat pencetak onigiri, agar nasi tidak menempel dalam wadah dan memudahkan proses mengeluarkan onigiri dari cetakan.

    7. Masukan dua sendok makan nasi ketan lalu atur hingga rapi.

    8. Beri lubang di tengah-tengah onigiri, kemudian masukan isian onigiri, karena saya tadi telah menyiapkan tumis tuna chunk dan abon jadi saya akan memasukan itu. Atur hingga mengisi ruang di tengah lubang yang kita buat secukupnya.

    9. Masukan lagi nasi matang di atasnya untuk menutup onigiri dan ratakan, lalu tekan penutup cetakan untuk membuat onigiri kita menjadi padat. Ulangi dari mengoleskan air ke wadah pencetak hingga bahan habis tercetak.

    10. Setelah semua bahan habis tercetak menjadi onigiri, siapkan biji wijen secukupnya (boleh pakai wijen putih atau pun hitam), sangrai biji wijen di atas api kecil hingga berubah warna kecokelatan.

    11. Balurkan wijen ke seluruh permukaan onigiri lalu wrap dengan lembaran nori. Bisa wrap keseluruhan onigiri, ataupun hanya wrap bagian bawah onigirinya. Seperti dalam foto yang saya sertakan.




    Itulah tadi Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang), Mudah-mudahan berguna untuk anda.Untuk mencari berbagai resep makanan dan minuman lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang) diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang) Oleh Septiani N. Effendi diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Homemade Onigiri (Nasi Kepal Jepang) Oleh Septiani N. Effendi dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2015/02/resep-homemade-onigiri-nasi-kepal.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.