Resep Tape Ketan dan Es Krim Karya Giacinta Permana

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Tape Ketan dan Es Krim Karya Giacinta Permana
  • Resep Tape Ketan dan Es Krim oleh Giacinta Permana

    Berikut ini resep cara membuat Tape Ketan dan Es Krim. Resep Tape Ketan dan Es Krim yang dishare oleh Giacinta Permana bisa disajikan 4 porsi.



    resep makanan Tape Ketan dan Es Krim


    Resep Tape Ketan dan Es Krim


    Porsi: 4 porsi

    Bahan-bahan

    1. 500 gram beras ketan putih
    2. 1000 ml air untuk merendam
    3. 10 lembar daun suji, cuci bersih, potong-potong
    4. 150 ml air
    5. 1 sdm gula pasir
    6. 5 gram ragi tape, haluskan
    7. secukupnya daun pisang

    Langkah

    1. Cuci beras ketan sampai bersih, rendam dengan 1 liter air selama 12 jam atau dibiarkan semalaman.

    2. Blender daun suji dan 150 ml air, kemudian saring dan buang ampasnya. Sisihkan. Siapkan dandang buat mengukus, panaskan. alasi dengan daun pisang.

    3. Cuci kembali beras ketan yang sudah direndam, tiriskan. kemudian kukus selama 30 menit. Angkat. Siram-siram dengan air suji sambil diaduk perlahan hingga warna merata. Kukus kembali selama 10 menit supaya ketan empuk. Angkat.

    4. Pindahkan beras ketan yang sudah di kukus ke tampah/terompah yang berongga, alasi daun pisang. Ratakan. Biarkan dingin, lebih kurang 2 jam.

    5. Setelah benar-benar dingin, taburkan ragi bubuk ke atas ketan menggunakan saringan sambil diaduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata. Kemudian taburkan gula pasir, aduk kembali.

    6. Siapkan wadah alasi daun pisang, tuang ketan ke dalam wadah tutup dengan daun pisang kemudian tutup wadahnya. Simpan di tempat yang adem. Biarkan proses fermentasi jangan dibuka sampai 3 hari. Setelah itu tape menjadi lembut, air semakin banyak dan rasanya jadi manis. Yup dah jadi.

    7. Sajikan. Enak dinikmati dingin, segar manis asam. Saya tambahin roti dan ice cream biar seru rasanya dan anak2 suka.




    Itulah tadi Resep Tape Ketan dan Es Krim, Harapan kami bermanfaat untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep makan dan minuman yang pastinya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Tape Ketan dan Es Krim diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Tape Ketan dan Es Krim Karya Giacinta Permana diatas pada kategori resep berikut ini
     

    Anda sedang membaca Resep Tape Ketan dan Es Krim Karya Giacinta Permana dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2015/07/resep-tape-ketan-dan-es-krim-karya.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.