Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet
  • Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet oleh Emeldah Suwandi

    Berikut ini resep masakan Bakso Sapi Simple Ga Ribet. Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet yang dibuat oleh Emeldah Suwandi dapat disajikan 40 pentol.



    resep lengkap untuk Bakso Sapi Simple Ga Ribet


    Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet


    Porsi: 40 pentol

    Bahan-bahan

    1. 500 gram daging sapi
    2. 85 gram es batu / 17%
    3. 100 gram tepung tapioka / 20%
    4. 2 butir putih telur
    5. 1 sdm garam
    6. 1 sdm bubuk kaldu sapi
    7. 1 sdt gula pasir
    8. 2 sdm bawang merah goreng, giling/tumbuk dahulu sampai halus
    9. 2 sdm bawang putih bubuk (bs diganti bawang putih goreng giling)
    10. 1 sdm minyak wijen
    11. 1 sdt merica (opsional) - saya ga pakai
    12. 1 sdt baking powder (optional) - saya juga ga pakai

    Cara Membuat

    1. Daging sapi dipotong kecil-kecil supaya mudah diproses. Lalu masukkan seluruh daging sapi ke dalam food processor. TAMBAHKAN BATU ES sebanyak +-17% dari berat daging sapi. Giling sampai rata.
    2. Setelah daging halus, masukkan semua bumbu yang lainnya, yaitu putih telur, garam, gula, bubuk kaldu sapi, bawang merah, bawang putih dan minyak wijen. Ketiga bahan yang terakhir saya sebutkan akan menambah aroma harum dan menghilangkan bau amis pada daging jadi kalau bisa JANGAN DI SKIP. Giling.
    3. Setelah semua bahan tadi tercampur rata, masukkan tepung tapioka. Berat keseluruhan tapioka adalah 20% dari berat daging. Masukan separuh. Giling. Aduk sebentar adonan, lalu masukkan separuh lagi. Giling lagi. Jika mau menghasilkan bakso yang lebih kenyal, sebaiknya adonan bakso diuleni dengan tangan +- 20 menit. Tapi jika ingin lebih cepat, cukup giling lagi dengan food processor selama +-5 menit.
    4. Kalau ingin menguleni, maka keluarkan adonan dari food processor dan masukkan ke dalam wadah besar. Uleni manual seperti menguleni roti, diaduk, ditekan dan diremas-remas. Lakukan terus sampai tangan Anda terasa pegal hehehe +- 20 menit sampai terasa kenyal. Adonan tidak akan kalis ya, karena perbandingan tepung dan daging adalah 1 : 5, bukan 1 : 1 seperti adonan pempek.
    5. Lalu, baik adonan diuleni atau tidak, kita akan masuk ke tahap berikutnya. Didihkan air untuk merebus bakso. Di sisi lain, siapkan sepiring/mangkuk air suam kuku dan sendok. Untuk apa gunanya? Untuk membasahi tangan dan sendok sebelum membentuk bakso supaya tidak lengket di tangan dan sendok.
    6. Jika air sudah mendidih, KECILKAN API. TUNGGU HINGGA GELEMBUNG MENDIDIHNYA HILANG dan air menjadi tenang. Jangan memasukkan bakso ke dalam air yang mendidih karena akan menyebabkan bakso menjadi pecah.
    7. Lalu basahi tangan dengan air yang sudah disiapkan sebelumnya. Ambil segenggam adonan, lalu remas sehingga membentuk bulatan melalui jari jempol dan telunjuk. Cemplungkan adonan bulat tadi ke dalam air menggunakan sendok yang telah dibasahi sebelumnya. Ulangi terus proses sampai adonan habis.
    8. Pada awalnya bakso akan tenggelam dan kita harus sabar menunggu sampai bakso matang/mengapung. Boleh membesarkan api, hanya saja jangan sampai air kembali mendidih/ada gelembung mendidih. Jika mulai mendidih, kecilkan api kembali.
    9. Jika bakso sudah matang, bakso akan mengapung. Tunggu sekitar 2-3 menit sebelum mengangkatnya. Di sisi lain siapkan wadah berisi air dingin yang telah diberikan es batu sehingga menjadi air es.



    Demikianlah tadi Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet, Semoga saja bermanfaat untuk anda.Untuk menemukan resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat hampir satu juta resep yang pastinya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Bakso Sapi Simple Ga Ribet dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2016/03/resep-bakso-sapi-simple-ga-ribet.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.