Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion
  • Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion oleh Yene Dandelion

    Inilah cara membuat Bumbu Rawon ala #Dandelion. Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion yang ditulis Yene Dandelion dapat disajikan .



    resep Bumbu Rawon ala #Dandelion


    Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. Bumbu yang dihaluskan I:
    2. 300 gram keluwak/keluwek (sekitar 8-9 biji)
    3. Bumbu yang di haluskan II:
    4. 150 gram bawang merah
    5. 100 gram bawang putih
    6. 1 jempol jahe
    7. 1 jempol lengkuas/laos
    8. Bumbu yang dihaluskan III:
    9. 10 butir kemiri
    10. 2 sdm ketumbar biji
    11. 1 ruas kunyit (bisa diganti kunyit bubuk)
    12. 1 sdt merica butir
    13. Bumbu tambahan:
    14. 3 batang serai, geprek
    15. 1/2 ruas jahe, geprek
    16. 1/2 ruas lengkuas/laos, geprek
    17. 8 lembar daun jeruk
    18. 2 lembar daun salam
    19. 1-2 sdm bumbu kare/kari bubuk merk apa saja (boleh tidak pakai)
    20. 200 ml minyak goreng
    21. 1 sdt garam
    22. 1 bks kaldu sapi bubuk

    Cara Membuat

    1. Pilih kluwek yang kualitasnya bagus. warnanya cokelat kehitaman dan saat dipegang tidak keras. Jika memakai kluwek yg sudah lama/tengik/keras maka kuah rawon nantinya akan pahit. Setelah isi kluwek dikeluarkan masukan dalam mangkok dan siram dengan air panas secukupnya. rendam sampai kluwek lunak. setelah itu blender dengan menyertakan air rendamannya secukupnya. Sisihkan
    2. Persiapkan bumbu II, potong potong bawang, jahe dan lengkuas agar lebih mudah dan cepat halus saat diblender, cuci bersih.
    3. Sangrai bumbu III sampai wangi, kemudian ulek agar memudahkan saat diblender bersama bumbu lainnya
    4. Masukan kedalam blender bumbu II dan bumbu III, beri air secukupnya agar mudah memblender dan hasilnya menjadi halus.
    5. Masukan bumbu halus II dan III yang sudah diblender kedalam wajan, nyalakan api dan biarkan beberapa saat sampai kandungan airnya menguap, jangan lupa sambil di aduk
    6. Setelah bumbunya kesat dan air menguap masukan bumbu I (kluwek yang sudah dihaluskan), aduk aduk kembali sampai semua bumbu tercampur rata dan tercium aroma khas wangi kluwek
    7. Masukan minyak goreng, aduk rata lalu kemudian masukan bahan tambahan serai, daun jeruk, daun salam, jahe dan laos keprek. Aduk kembali
    8. Masak bumbu dengan api cenderung kecil saja, agar bumbu matang merata dan aroma rempahnya keluar. Tambahkan garam dan kaldu sapi bubuk. Masak sambil terus di aduk aduk sampai bumbu set dan matang sempurna.
    9. Setelah bumbu matang tambahkan bumbu kari/kare bubuk, aduk rata kembali. Dan rasakan sensasi aroma rawon yang nendang banget. untuk bumbu kare tidak terpaku pada merk ini yaa... saya biasanya pake bumbu kare apa saja, paling mantap bumbu kare dari daerah saya Banjarmasin.



    Demikianlah tadi Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion, Harapan kami bermanfaat untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat lebih dari satu juta resep masakan yang pastinya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Bumbu Rawon ala #Dandelion dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2016/03/resep-bumbu-rawon-ala-dandelion.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.