Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis By Nyonya Jaya Cooking

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis By Nyonya Jaya Cooking
  • Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis oleh Nyonya Jaya Cooking

    Berikut ini resep memasak Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis. Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis yang ditulis Nyonya Jaya Cooking bisa jadi .



    gambar untuk resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis


    Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. Bahan utama:
    2. 1/2 kilo dada ayam, direbus, dipotong2 dadu kecil
    3. 2 buah wortel dipotong kotak, rendam air panas
    4. 5 buah tahu dipotong dadu kecil, goreng
    5. Ukuran potongan dadu ayam, wortel, dan tahu kalo bisa disamain ya kecilnya biar bagus
    6. Kalo saya ukurannya kira2 persegi setengah cm-an
    7. Bumbu halus utk menumis bahan utama:
    8. 7 buah bawang merah
    9. 5 buah bawang putih
    10. 1 buah bw prei
    11. Sedikit pala
    12. Sedikit merica
    13. 1 sdm saus tiram
    14. Secukupnya kecap manis
    15. Gula (kalo pake kecap msh kurang manis)
    16. Bahan untuk kaldu:
    17. Ceker ayam kampung beli Rp 2000 dapet lebih dari 5 buah, dibuang kuku dan kulitnya
    18. Seikat daun bawang, cincang
    19. Bahan untuk sambel petis:
    20. 3 buah cabe rawit, direbus sampe layu
    21. 1 ons petis hitam yang enak, saya beli 1 ons Rp 5000
    22. Sedikit kaldu ayam bubuk
    23. Pelengkap:
    24. Telur rebus dikulitin

    Cara Membuat

    1. Masaknya agak ribet sih, soalnya pertama masak tumisan bahan utama.. habis itu bikin air kaldu ayam.. habis itu bikin sambel petis.. terus ngerebus telur utk pelengkapnya. Tapi sebenernya gampang kok, cuman ribet aja ??

    2. Pertama bikin tumisannya ya.. bumbu halus ditumis sampe harum, lalu masukkan saus2nya.

    3. Cemplungin ayam, wortel, dan tahu yang sudah potongan dadu kecil, aduk rata.

    4. Kasih air, lalu kecap manis. Tes rasa. Kalo kurang manis bisa nambah kecap manis atau gula. Kalo kurang sedep tambahin garam/ penyedap. Cuman saya kalo pas warnanya udah hitam gitu tapi kurang manis, saya nggak tambah lagi kecapnya. Ntar malah keiteman. Saya tambahin gula aja. Nanti citarasanya harusnya manis dan sedikit sedap. Soalnya nanti kaldunya asin. Biar menyatu sama rasa kaldunya nanti kalo udah ngumpul di piring.

    5. Kasih airnya jangan banyak2 juga soalnya nanti direbus sampai airnya nyusut. Jadi tumisannya nggal terlalu banyak air. Nyemek2 gitu.

    6. Kalo air sudah nyusut, matikan apinya dan kita buat kaldu.

    7. Eh buat kaldunya di awal aja sebenernya gapapa soalnya lama hahaha. Jadi ceker ayam kampung tadi direbus sama air biasa dan dipresto 30 menit biar empuk dan keluar kaldunya. Jadi mestinya dimasak di awal, trus sambil nunggu prestoan disambi masak tumisannya ??

    8. Kalo udah keluar dari panci presto, air cekernya sudah jadi kaldu dan siap dikasih rasa. Garam/ penyedap dan merica biar rasanya asin sedap. Kalo garam/ penyedal dan merica tadi mau dimasukin pas sebelum masuk presto juga gapapa kok. Nggak ngaruh juga.

    9. Daun bawang cincang itu nanti pas mau disajikan, baru ditaburkan ke kuahnya. Jadi biar daun bawangnya fresh. Kalo kelamaan di air panas itu ntar layu dan nggak kres2 lagi. Lagian di panci besar yg isinya kaldu itu kan misal nggak habis pasti diangetin to? Kalo diangetin bareng daun2 bawang itu pasti daun2 bawangnya hijaunya jadi tidak menyenangkan di dalam panci. Jadi air kaldu dibuat tetap bersih aja yang mau dipanas2in. Daun bawangnya dikasih pas di mangkok pas mau disajikan saja.

    10. Kemudian bikin sambel petisnya. Gampang mah. Cabe rawitnya yg sdh direbus itu diuleg, terus kasih petisnya. Dicampur jadi satu. Petis hitam ni kan rasanya agak manis2 gitu ya. Biar agak sedep kasih lah dikit penyedap. Jadi rasanya gurih gitu.

    11. Saran penyajiannya kayak di foto ini.. nasi, dikasih tumisan ayam, sampingnya kasih telor rebus, dan sambel petis. Habis itu dikasih kuah kaldu ayam yang tadi + taburan daun bawang. Kalo mau makan gimana? Kalo saya yang makan, saya campur aduk semua itu di piring sama sambel petisnya jugak. Sampe warnanya kecoklatan semua. Rasa dan wanginya petis, nyampur sama gurihnya kaldu, terus sama manisnya ayam dan wortel itu beuhhhhh menari2 di mulut ??




    Itulah tadi Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis, Semoga dapat bermanfaat bagi anda.Untuk menemukan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. anda bisa menemukan lebih dari satu juta resep yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis By Nyonya Jaya Cooking diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Bakmoy Ayam Ekonomis + Sambel Petis By Nyonya Jaya Cooking dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2016/05/resep-bakmoy-ayam-ekonomis-sambel-petis.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.