Resep Pempek Lenjer Palembang

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Pempek Lenjer Palembang
  • Resep Pempek Lenjer Palembang oleh DewiSavitri

    Dibawah ini adalah cara memasak Pempek Lenjer Palembang. Resep Pempek Lenjer Palembang yang ditulis DewiSavitri bisajadi .



    cara membuat Pempek Lenjer Palembang


    Resep Pempek Lenjer Palembang


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 1 kg daging ikan tenggiri/gabus
    2. 600 ml air es
    3. 50 gr garam/2 SDM penuh
    4. 8 ons sagu tani
    5. optional:
    6. 1 kuning telur
    7. 2 SDM minyak goreng
    8. 1 SDM bawang putih giling
    9. 1 SDM gula pasir
    10. 1 SDM vetsin
    11. Kuah Cuko hitam:
    12. 1/2 kg gula batok hitam
    13. 10 buah cabe merah
    14. 10 siung bawang putih
    15. 1/2 ons asam jawa
    16. 2 ltr air
    17. secukupnya garam

    Cara Membuat

    1. Letakkan ikan giling/halus ke dalam baskom. Masukkan air es dan aduk hingga rata/menyatu. Mengaduk bisa menggunakan centong biasa tp lebih baik pake kocokan utk mikser.
    2. Setelah itu masukkan garam...aduk cepat sekali sampai adonan mengental dan ketika pengaduk diangkat adonan tidak tumpah. Jika mengaduknya tidak cepat adonan kurang kental shg nantinya perlu banyak sagu dan pempek bisa keras
    3. Masukkan sisa bahan lainnya kecuali sagu, aduk merata dgn kecepatan biasa saja.
    4. Masukkan sagu sedikit demi sedikit, bagusnya pengadukan pake centong nasi saja, ga usah pake kocokan mikser atau tangan...dan gak perlu diuleni lama"dan kuat" krn bisa bikin pempek keras.
    5. Masukkan adonan ke dalam freezer 1/2 sampai 1 jam jika ingin adonan mudah dibentuk. Tapi kl sdh mahir boleh langsung membentuk pempek sesuai keinginan kita: pempek kapal selam/pempek telur, pempek lenjer atau pempek keriting. Saat membentuk pempek, tangan dan tempat utk membentuk/talenan harus ditaburi tepung agar tidak lengket.
    6. Selesai dibentuk langsung masukkan pempek ke dalam air mendidih yg telah disiapkan sebelumnya. Jika pempek telah mengapung, berarti sdh masak dan boleh diangkat.
    7. Selesai direbus, pempek bisa langsung dimakan atau digoreng. Sajikan dg cuko dan boleh ditambahkan irisan timun + ebi yg sdh disangrai dan dhaluskan.
    8. Cuko: rebus semua bahan sampai mengental, koreksi rasa kemudian saring



    Demikianlah Resep Pempek Lenjer Palembang, Semoga saja dapat bermanfaat bagi anda.Untuk menemukan berbagai resep makanan dan minuman lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. anda bisa menemukan lebih dari satu juta resep makan dan minuman yang pastinya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Pempek Lenjer Palembang diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Pempek Lenjer Palembang diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Pempek Lenjer Palembang dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2016/05/resep-pempek-lenjer-palembang.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.