Resep Soto Betawi

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Soto Betawi
  • Resep Soto Betawi oleh megatala

    Inilah resep memasak Soto Betawi. Resep Soto Betawi yang dishare oleh megatala bisa menjadi 8-12 porsi.



    resep lengkap untuk Soto Betawi


    Resep Soto Betawi


    Porsi: 8-12 porsi

    Bahan-bahan

    1. 500 gr daging sapi (saya gak pake lemak), rebus hingga empuk
    2. 1.5 L santan (saya 400ml santan dicampur air/air kaldu daging)
    3. Santan bisa diganti susu segar kalau suka
    4. 3 sdm bumbu dasar merah (lihat resep bumbu dasar saya sebelumnya
    5. Bumbu dasar merah: duo bawang, cabe rawit, cabe besar
    6. 1 batang sereh, geprek
    7. 3 lembar daun jeruk
    8. 2 lembar daun salam
    9. secukupnya Kunyit bubuk (saya 1 sendok takar ukuran 1ml penuh)
    10. secukupnya Jahe bubuk (saya 1 sendok takar ukuran 1ml penuh)
    11. Ketumbar bubuk (saya 1 sendok takar ukuran 1ml penuh)
    12. Pala bubuk (saya 1 sendok takar ukuran 1ml penuh)
    13. Lada bubuk (saya 2 sendok takar ukuran 1ml penuh)
    14. Lengkuas bubuk (saya 1 sendok takar ukuran 1ml penuh)
    15. 1 batang pendek kayu manis (boleh lebih sesuai selera)
    16. 1 buah kemiri sangrai haluskan (boleh lebih)
    17. 1 buah cengkeh (selera/boleh lebih)
    18. 1 buah kapulaga (selera/boleh lebih)
    19. 2 sdm garam (secukupnya sesuai selera)
    20. secukupnya Gula pasir
    21. Bahan untuk merebus daging:
    22. 1 ruas jahe, geprek
    23. 1 sdt bawang putih bubuk
    24. 1 sdt garam
    25. secukupnya Air
    26. Bahan pelengkap:
    27. Tomat
    28. Kentang rebus
    29. Bawang goreng
    30. Emping
    31. Daun bawang

    Cara Membuat

    1. Rebus daging dg jahe, bawang putih, dan garam sampai empuk. Sisihkan dan potong kotak sesuai selera. Sisihkan juga air kaldu hasil rebusan jangan dibuang.
    2. Tumis semua bumbu hingga harum. Termasuk bumbu dasar merah, daun jeruk, daun salam, sereh, kayu manis, kapulaga, kemiri, lada, garam, gula pasir, ketumbar, pala, lengkuas, dan cengkeh. Setelah harum sisihkan.
    3. Didihkan santan yg telah diencerkan dg air di panci. Saya sengaja pakai santan tidak kental karena kalau terlalu kental suka bermasalah di perut. Setelah santan mendidih, masukkan bumbu yg sudah ditumis, aduk rata. Masukkan daging yg sudah dipotong-potong. Di tengah memasak, tambahkan air kaldu daging hasil rebusan yg tadi. Sekitar 3 sendok sayur atau lebih. Mau dicampur air kaldu dg santan dr awal juga boleh supaya rasanya lebih gurih.
    4. Rebus hingga soto matang, daging empuk, dan kuah menyusut. Koreksi rasa.
    5. Setelah matang dan rasa sesuai selera. Sajikan dg emping, irisan tomat, irisan kentang, daun bawang, bawang goreng, dan nasi hangat.
    6. Selamat mencoba!
    7. Tips: ada yg menggunakan kentang goreng ataupun kentang yg sudah direbus lalu digoreng lagi. Saya memilih tidak digoreng utk mengurangi konsumsi minyak.



    Demikianlah tadi Resep Soto Betawi, Semoga saja bermanfaat untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami hampir satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Soto Betawi diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Soto Betawi diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Soto Betawi dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2016/06/resep-soto-betawi.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.