Resep Acar Ikan Belanak Kiriman dari Bunda Irmawati

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Acar Ikan Belanak Kiriman dari Bunda Irmawati
  • Resep Acar Ikan Belanak oleh Bunda Irmawati

    Dibawah ini adalah resep masakan Acar Ikan Belanak. Resep Acar Ikan Belanak yang ditulis Bunda Irmawati bisa jadi .



    resep makanan Acar Ikan Belanak


    Resep Acar Ikan Belanak


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 10 ekor ikan belanak
    2. 2 buah wortel
    3. Bumbu Ikan:
    4. 1 siung bawang putih
    5. 1 ruas kunyit
    6. Secukupnya garam
    7. Secukupnya air
    8. Bumbu Acar:
    9. 5 siung bawang merah
    10. 1.5 jari kunyit
    11. 1 ruas lengkuas
    12. 1 ruas jahe
    13. 1 batang daun bawang
    14. 2 lembar daun salam
    15. 7 lembar daun jeruk
    16. 4 buah lombok rawit
    17. Bumbu Halus:
    18. 2 siung bawang putih
    19. 2 butir kemiri,sangrai
    20. 1/2 sdt ketumbar
    21. secukupnya garam
    22. 1 sdm gula pasir
    23. 2-3 cup air
    24. 1 buah jeruk nipis (atau secukupnya)

    Langkah

    1. Bersihkan sisik ikan belanak dan buang isi perutnya tapi jangan sampai telurnya ikut terbuang yaa. Lalu badannya diseset beberapa supaya nanti bumbunya meresap. Cuci bersih ikan dan insangnya.

    2. Bumbu ikannya dihaluskan,seperti bawang putih,kunyit,dan garam. Pindah ke baskom kecil dan beri air secukupnya lalu bumbunya diaduk. Masukkan ikannya hingga terendam rata di bumbunya. Diamkan sejenak sambil menyiapkan bumbu acarnya.

    3. Kupas wortel lalu cuci bersih. Potong-potong menjadi korek api agak sedikit tebal,sisihkan. Haluskan bawang putih,kemiri,ketumbar,garam. Lalu geprek lengkuas dan jahe,dan sisihkan. Siapkan irisan daun bawang (sepanjang 1 ruas jari),bawang merah,kunyit. Siapkan juga daun salam dan daun jeruk yang disobek sedikit.

    4. Siapkan teflon dan minyak panas. Lalu ikan belanak yang sudah direndam bumbu tadi,digoreng hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. NB: tutup teflonnya supaya tidak terkena minyaknya ketika menggoreng ikan.

    5. Siapkan wajan dengan minyak panas dan api kecil,tumis bawang merah dan kunyit hingga layu lalu masukkan bumbu halus,lengkuas,jahe,daun salam,daun jeruk. Tumis hingga harum dan bumbu berubah warna. Tambahkan air dan masukkan wortel,irisan daun bawang,lombok rawit utuh,dan juga air perasan jeruk nipis (secukupnya bila dirasa sudah cukup rasa kecutnya), dan gula pasir. Masak hingga wortel matang. Cek rasa.

    6. Masukkan ikan belanak yang sudah digoreng tadi. Masak hingga bumbu meresap. Siap disajikan.




    Itulah tadi Resep Acar Ikan Belanak, Mudah-mudahan berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat sekitar satu juta resep makan dan minuman yang pastinya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Acar Ikan Belanak diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Acar Ikan Belanak Kiriman dari Bunda Irmawati diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Acar Ikan Belanak Kiriman dari Bunda Irmawati dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2016/08/resep-acar-ikan-belanak-kiriman-dari.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.