Resep Hainanese Chicken Rice Karya Tony @heycorgieous

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Hainanese Chicken Rice Karya Tony @heycorgieous
  • Resep Hainanese Chicken Rice oleh Tony @heycorgieous

    Inilah resep masakan Hainanese Chicken Rice. Resep Hainanese Chicken Rice yang dishare oleh Tony @heycorgieous dapat disajikan 6 porsi.



    resep masakan Hainanese Chicken Rice


    Resep Hainanese Chicken Rice


    Porsi: 6 porsi

    Bahan-bahan

    1. Ayam ??:
    2. 1 ekor ayam kampung
    3. 3 batang daun bawang, potong2 jd 8cm
    4. 1 sdm kecap asin
    5. 1 sdt minyak wijen
    6. 1 sdt garam
    7. 3 iris jahe tebal 1 cm
    8. 2 siung bawang putih, geprek
    9. secukupnya air untuk merebus
    10. Nasi ?? :
    11. 2 1/2 gelas beras melati/pandan wangi
    12. 1 ons beras ketan
    13. 2 sdm jahe parut
    14. 5 siung bawang putih
    15. 2 siung bawang merah
    16. 4 sdm bawang bombay, cincang
    17. 2 iris lengkuas, tebal 1 cm
    18. 5 lembar daun pandan
    19. 1 buah serai, ambil bawahnya, geprak
    20. secukupnya air rebusan ayam (kaldu)
    21. 2 sdm minyak untuk menumis
    22. 5 sdm saus tiram
    23. 5 sdm minyak wijen
    24. 4 sdt kecap asin

    Langkah

    1. Bersihkan ayam kampung, lumuri dengan garam, pijat, diamkan selama 15 menit, bilas. Setelah ayam dibilas, sisihkan kepala, leher, ujung sayap, bokong, kaki ayam, dan sebagian lemak ayam yang tampak. jangan lupa utk buang tulang bahu ayam yang tersembunyi di bagian dada ayam untuk memudahkan penyajian nantinya. lumuri bagian dalam ayam dengan kecap asin dan minyak wijen. kemudian masukkan ke badan ayam: daun bawang, irisan jahe, dan bawang putih. n.b. pastikan ayam bersuhu ruangan.

    2. Siapkan panci lebih kurang ukuran 5 liter yang dapat merendam ayam seluruhnya. isi dengan air dan masukkan garam, panaskan hingga mendidih. masukkan kaki, kepala, ujung sayap, dan ayam utuh. Tunggu hingga mendidih lagi baru kecilkan api menjadi kecil sedang (air ttp beruap tapi tidak bergelembung). masak 15 menit pertama dengan bagian dada ayam menghadap ke atas, kemudian balik ayam dan masak 15 menit lagi. di proses 2x15 menit ini tutup panci dengan diberi sedikit rongga, panci jgn ditutup seluruhnya. setelah itu, matikan api, tutup panci seluruhnya, diamkan 5 menit. angkat ayam, rendam di air es (menghentikan proses memasak dan membuat kulit ayam licin dan mengkilap). keluarkan daun bawang, irisan jahe, dan bawang putih dr dalamnya. saring dan buang kotoran2 yang mengambang di kaldu ayam. n.b. jika menggunakan ayam broiler ukuran sedang, tahap merebus pertama jadi 20 menit. juga jika ayam dirasa agak dingin, bisa dicelup2 dulu di air rebusan sblm dimasukkan seluruhnya.

    3. Setelah dirasa tdk terlalu panas, keluarkan ayam dr air es, istirahatkan 5 menit. baru ambil daging2 dr tulangnya. tulang2 ayam bs dimasukkan kembali ke kaldu atau dibuang.

    4. Sambil merebus ayam, peroleh minyak ayam dari leher, kulit leher, bokong, dan lemak ayam. masak bagian2 ayam tsb di wajan anti lengket tanpa minyak untuk mengambil minyak ayam. buang bagian2 tsb jika sudah memperoleh minyak ayam. sisihkan. tambahkan minyak di wajan yang sama, tumis scr berurutan: jahe, langkuas, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, serai, daun pandan, dan terakhir beras. ratakan. masukkan beras yang sudah dicampur dengan ketan dan rempah tadi ke rice cooker, masak seperti memasak nasi biasa hanya saja air diganti dengan air kaldu ayam. tambahkan saus tiram, minyak wijen, dan garam. aduk rata. tanak.

    5. Angkat langkuas, serai, dan daun pandan dari nasi. aduk rata. sajikan nasi dengan potongan ayam, irisan timun, condiment, dan kuah yang diberi daun bawang kecil iris. n.b. resep condiment terpisah




    Itulah tadi Resep Hainanese Chicken Rice, Semoga anda menyukainya.Untuk mendapatkan resep yang yang lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. terdapat lebih dari satu juta resep masakan yang pastinya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Hainanese Chicken Rice diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Hainanese Chicken Rice Karya Tony @heycorgieous diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Hainanese Chicken Rice Karya Tony @heycorgieous dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2017/02/resep-hainanese-chicken-rice-karya-tony.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.