Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu
  • Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu oleh Mama GaNov

    Berikut ini cara membuat Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu. Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu yang dibuat oleh Mama GaNov bisa menjadi 2 ekor.



    gambar untuk resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu


    Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu


    Porsi: 2 ekor

    Bahan-bahan

    1. 2 ekor ikan tongkol ukuran sedang
    2. 1 buah jeruk nipis diambil airnya
    3. secukupnya garam
    4. daun pisang untuk alas membakar
    5. Bumbu halus :
    6. 3 siung bawang merah
    7. 3 siung bawang putih
    8. 2 ruas kunyit
    9. 2 ruas jahe
    10. 3 butir kemiri
    11. Bahan sambal dabu-dabunya :
    12. 15 buah cabe rawit merah
    13. 5 buah cabe merah keriting
    14. 5 siung bawang merah, iris halus
    15. 2 buah tomat ukuran sedang, potong dadu
    16. secukupnya garam
    17. secukupnya gula pasir
    18. secukupnya minyak goreng utk menumis
    19. 1 buah jeruk lemon diambil air nya

    Cara Membuat

    1. Cuci bersih ikan, belah dua, kucuri dgn air jeruk nipis, taburkan garam dan semua bumbu halus secara merata ke dalam daging ikan. Diamkan selama +/-30 mnt supaya bumbu meresap
    2. Siapkan teflon utk membakar (saya menggunakan happy call). Alasi teflon dengan daun pisang yg sudah dicuci bersih, ambil ikan dan letakan di atas daun pisang kmdian taruh kembali daun pisang diatas daging ikan sebelum happy call ditutup. Gunakan api sedang saja jgn lupa utk membolak balik ikan spy matang merata.
    3. Setelah matang angkat ikan dan taruh di atas piring. Siram permukaan daging ikan dgn sambal dabu-dabunya (kalau saya sambal dabu-dabunya dipisah krn anak2 tdk terlalu suka pedas)
    4. Buat sambal dabu-dabunya : Blender kasar/sebentar saja semua bahan kecuali bawang merah yg diiris halus dan tomat yg dipotong dadu.
    5. Tumis semua bumbu sampai matang kemudian masukan irisan bawang merah dan tomat, aduk sebentar kemudian angkat. Sebelum dihidangkan kucuri sambal dengan air perasan jeruk lemon.



    Itulah Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu, Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.Untuk mencari berbagai resep lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. anda bisa menemukan sekitar satu juta resep makan dan minuman yang pastinya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Ikan tongkol bakar sambal dabu-dabu dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2017/02/resep-ikan-tongkol-bakar-sambal-dabu.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.