Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking Dari Dian Nurindah

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking Dari Dian Nurindah
  • Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking oleh Dian Nurindah

    Berikut ini adalah resep cara membuat Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking. Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking yang dibuat oleh Dian Nurindah dapat disajikan .



    bahan dan cara membuat Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking


    Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 6 butir telur
    2. 125 gr gula pasir
    3. 1 sdm emulsifier (sp/ovalett)
    4. Sejumput garam
    5. ?? Campur lalu ayak
    6. 85 gr tepung terigu
    7. 15 gr coklat bubuk
    8. 15 gr maizena
    9. 1 sdt vanilli
    10. ?? Campur, aduk rata
    11. 90 gr mentega, lelehkan
    12. 1 sachet SKM coklat
    13. 1 sdt pasta coklat (optional)
    14. ?? Bahan buttercream:
    15. 150 gr mentega putih
    16. Simple sirup:50 gr gula + 5 sdm air (direbus sampai gula larut)
    17. 1 sachet SKM putih
    18. 1 sdt vanilla ekstrak

    Langkah

    1. Siapkan loyang 24x24 cm. Alasi kertas roti atau olesi dengan carlo (campuran 1 sdm minyak, 1 sdm margarin, 1 sdm terigu). Panaskan oven dg suhu 180'c atau api sedang (kebetulan saya pake otang)

    2. Dalam sebuah wadah.. kocok telur, gula pasir, garam dan emulsifier sampai mengembang, kental, putih, berjejak. Ini salah satu tahap penting ya, liat gambar.. Harus benar2 putih kental supaya adonan mengembang nantinya.

    3. Masukkan ayakan tepung2an/bahan kering, aduk balik sampai rata. Usahakan aduknya pake spatula ya gausah pake mixer utk menghindari resiko overmix. Gambar disamping adalah cara aduk balik yg selalu saya praktekkan saat membuat semua jenis kue pada saat step memasukkan bahan kering.

    4. Ambil sedikit adonan,campurkan dengan campuran mentega & SKM, aduk rata. Lalu tuang ke adonan utama, aduk rata. Ini namanya teknik pancing.. Teknik ini digunakan agar margarin leleh mudah tercampur sempurna/homogen dengan adonan lainnya. Karena apabila tdk tercampur sempurna (masih ada endapan) bisa dipastikan akan menyebabkan kue bantet. Point utama tetap jgn aduk berlebihan/overmix dan terlalu kuat, cukup sampe tercampur rata saja.

    5. Tuang ke loyang yg sudah disiapkan. Hentakkan sekali untuk membuang udara yg terperangkap agar pori2 cake mulus. Pelan2 aja hentakinnya. Jangan dibanting??

    6. Panggang 180'c/api sedang selama 30-40 menit atau sampai matang. Test tusuk pake lidi untuk mengecek kematangan. Angkat, lalu dinginkan di cooling rack. Punya saya ngelupas kulit atasnya??

    7. Membuat buttercream: mixer mentega putih sampai mengembang dan lembutt 20 menitan. Masukkan simple sirup, skm, dan vanilla ekstrak. Mixer sampai tecampur rata 10mnt lalu matikan. Siap digunakan.

    8. Olesi dengan buttercream, beri topping sesuai selera.

    9. Saya simpan kulkas dulu sebentar supaya buttercream lebih set sehingga memudahkan ketika dipotong. Bisa jadi sekitar 25 potong ya..




    Demikianlah Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking, Mudah-mudahan berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan berbagai resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami hampir satu juta resep yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking Dari Dian Nurindah diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Sponge Cake Coklat Potong + Resep Buttercream #beranibaking Dari Dian Nurindah dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2017/06/resep-sponge-cake-coklat-potong-resep.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.