Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu Karya Dian Maharani

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu Karya Dian Maharani
  • Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu oleh Dian Maharani

    Berikut ini resep cara membuat Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu. Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu yang dibuat oleh Dian Maharani cukup untuk 5 porsi.



    gambar untuk resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu


    Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu


    Porsi: 5 porsi

    Bahan-bahan

    1. 1/2 kg ikan tongkol
    2. 5 bh tomat merah
    3. 8 bh bawang merah
    4. 2 bh jeruk nipis
    5. 3 bh cengen domba
    6. sejumput garam
    7. sejumput gula
    8. secukupnya air

    Langkah

    1. Mengolah tongkol
      Bumbui ikan dng 1bh jeruk nipis (yang sudah di peras airnya) serta sejumput garam. Aduk rata dan diamkan minimal 10menit sambil mendidihkan air pada wadah kukusan.
      Setelah itu masukan ikan ke dalam kukusan, dan biarkan selama kurleb 15mnt.

      CATATAN:
      Saya paling suka cara memasak tongkol dng di kukus, karna tdk perlu repot dng "ledakan2 minyak panas" di penggorengan. Dan hasil yang di dapat pun, textur ikan yang empuk dan lbh sehat

    2. Mengolah sambal dabu
      Panaskan 2sdm minyak goreng, tumis bawang merah hingga matang, tambahkan tomat yang sudah di iris. Masak hingga tomat layu, lalu tambahkan sedikit air.
      Masak hingga mendidih dan air berkurang. Tambahkan irisan cengek domba (kl g suka terlalu pedes, bisa di ganti dengan cabe rawit atau cabe hijau untuk memberi warna). Setelah semua tercampur dan matang, tambahkan air perasan jeruk nipis, garam dan gula. Silahkan koreksi rasa.




    Demikianlah Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu, Mudah-mudahan berguna untuk anda.Untuk menemukan berbagai resep lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki lebih dari satu juta resep masakan yang pastinya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu Karya Dian Maharani diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Ikan Tongkol Masak Sambal Dabu Dabu Karya Dian Maharani dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2017/09/resep-ikan-tongkol-masak-sambal-dabu.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.