Resep JONGKONG Oleh Rachma Esty Utami

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep JONGKONG Oleh Rachma Esty Utami
  • Resep JONGKONG oleh Rachma Esty Utami

    Inilah cara membuat JONGKONG. Resep JONGKONG yang ditulis Rachma Esty Utami bisa disajikan 5 porsi.



    resep masakan JONGKONG


    Resep JONGKONG


    Porsi: 5 porsi

    Bahan-bahan

    1. BAHAN:
    2. 400 gr tepung beras kualitas bagus
    3. 200 gr gula pasir
    4. 800 ml santan
    5. 2 sdt garam
    6. PEWARNA:
    7. 2 sdm abu merang, dibuat dari 1 ikat merang yg dibakar kemudian diayak.
    8. 60 ml air daun pandan-suji, dibuat dari perasan 40 lembar daun suji dan 10 lembar daun pandan wangi
    9. PELENGKAP:
    10. 1 butir kelapa muda sedang, parut
    11. 1 sdt garam
    12. 1 lembar daun pandan

    Langkah

    1. Ada 2 cara pembuatan. PERTAMA: Campur semua bahan menjadi satu. Kemudian bagi dua. Satu adonan diberi warna hijau dan satu adonan diberi warna hitam. KEDUA: Bagi 2 semua bahan. Kemudian tambahkan abu merang ke salah satu bahan dan aduk rata. Tuang santan dan aduk rata. Sisihkan. Satu bagian bahan yang lain diberi setengah bagian santan yang dicampur air daun pandan suji. Aduk rata. Sisihkan.

    2. Siapkan cetakan. Alasi dengan plastik wrap atau plastik biasa. Bisa juga cukup dasar cetakan saja, diberi alas daun pisang. Panaskan kukusan hingga beruap banyak dengan api besar.

    3. Setelah kukusan beruap, kecilkan api menjadi sedang. Tuang 1 sendok sayur adonan warna hijau ke dalam cetakan. Kukus sampai padat. Tuangkan lagi diatasnya 1 sendok sayur adonan warna hitam. Kukus sampai padat. Begitu terus ulangi sampai adonan habis. Aduk adonan tiap kali akan dituang agar rata. Terakhir kukus selama 15 menit. Angkat dan biarkan sampai benar-benar dingin baru keluarkan dari cetakan.

    4. Sambil menunggu kue dingin, campur kelapa dan garam sampai rata. Beri daun pandan. Kemudian kukus selama 15 menit. Angkat.

    5. Potong-potong kue dengan membungkus pisau dengan plastik agar tidak lengket. Memotongnya jangan diiris. Cukup tekan pisau perlahan sampai kue terpotong.

    6. Sajikan dengan kelapa parut kukus




    Demikianlah Resep JONGKONG, Mudah-mudahan anda menyukainya.Untuk mencari berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami hampir satu juta resep yang tentunya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep JONGKONG diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep JONGKONG Oleh Rachma Esty Utami diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep JONGKONG Oleh Rachma Esty Utami dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2018/01/resep-jongkong-oleh-rachma-esty-utami.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.