Resep Ikan Gembung Bumbu Acar - Kiki Kumalasari

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Ikan Gembung Bumbu Acar - Kiki Kumalasari
  • Resep Ikan Gembung Bumbu Acar oleh Kiki Kumalasari

    Dibawah ini adalah cara membuat Ikan Gembung Bumbu Acar. Resep Ikan Gembung Bumbu Acar yang dishare oleh Kiki Kumalasari bisa disajikan Untuk 1 porsi.



    resep masakan Ikan Gembung Bumbu Acar


    Resep Ikan Gembung Bumbu Acar


    Porsi: Untuk 1 porsi

    Bahan-bahan

    1. 3-4 ekor ikan gembung
    2. 2 buah jeruk nipis
    3. 2 siung bawang putih
    4. 1/2 sdt garam atau secukupnya
    5. 1 sdt ketumbar
    6. Minyak goreng
    7. 1 buah wortel / lebih sesuai selera
    8. 1 buah timun / lebih sesuai selera
    9. 1 buah nanas (opsional) bisa tidak pakai
    10. 1 sdm air cuka atau air perasan jeruk nipis
    11. Bahan untuk bumbu acar :
    12. 3 siung bawang putih
    13. 2 siung bawang merah
    14. 2 buah kunyit atau secukupnya
    15. secukupnya Kemiri
    16. 1 batang sere
    17. 2 lembar daun jeruk
    18. 1 buah jahe atau sesuai selera
    19. 1/2 sdt garam atau secukupnya

    Langkah

    1. Cuci bersih ikan yang telah dibersihkan dan buka bagian perut bawah atau punggung. Lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis,diamkan selama 5 menit.

    2. Sambil menunggu ikan,haluskan 2 siung bawang putih,1 sdt ketumbar,1/2 sdt garam dan air secukupnya. Lumuri ikan dengan bumbu yang telah dihaluskan,masukkan sisa bumbu ke dalam wadah ikan diamkan sekitar 5-10 menit agar bumbu meresap.

    3. Sambil menunggu ikan siap,potong wortel,nanas,timun (buang isinya jangan kupas kulitnya) tipis-tipis panjang lalu cuci bersih. Haluskan semua bahan-bahan bumbu acar.

    4. Setelah ikan didiamkan selama 5-10 menit,panaskan penggorengan yang telah diisi dengan minyak lalu goreng ikan setengah matang jangan terlalu kering. Angkat tiriskan.

    5. Siapkan wajan penggorengan tuang sedikit minyak goreng panaskan. Kemudian masukkan bumbu acar yang telah dihaluskan tumis hingga harum. Lalu masukkan wortel,timun,nanas yang telah dipotong,tambahkan air cuka atau air perasan jeruk nipis tumis hingga layu. Terakhir masukkan ikan lalu masak hingga matang.

    6. Plating ikan diatas piring dan ikan gembung bumbu acar siap dihidangkan.




    Demikianlah Resep Ikan Gembung Bumbu Acar, Semoga berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mencari berbagai resep makanan dan minuman lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. anda bisa menemukan hampir satu juta resep masakan yang pastinya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Ikan Gembung Bumbu Acar diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Ikan Gembung Bumbu Acar - Kiki Kumalasari diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Ikan Gembung Bumbu Acar - Kiki Kumalasari dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2018/09/resep-ikan-gembung-bumbu-acar-kiki.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.