Resep Martabak Manis Ragi Teflon

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Martabak Manis Ragi Teflon
  • Resep Martabak Manis Ragi Teflon oleh Christine Octo Veronica

    Berikut ini cara membuat Martabak Manis Ragi Teflon. Resep Martabak Manis Ragi Teflon yang ditulis Christine Octo Veronica cukup untuk 2 loyang ukuran 18-20 cm.



    resep makanan Martabak Manis Ragi Teflon


    Resep Martabak Manis Ragi Teflon


    Porsi: 2 loyang ukuran 18-20 cm

    Bahan-bahan

    1. 200 gr tepung protein tinggi (cakra) sisihkan 1 sdm untuk campuran ragi
    2. 30 gr tepung tapioka
    3. 2 sdm gula pasir (1/2 sdm utk campuran ragi)
    4. 1-2 sdm gula untuk taburan saat memanggang martabak
    5. Sejumput garam
    6. 1 sdm margarin, cairkan
    7. 1 sdt ragi instan
    8. 300 ml susu (sisihkan 50 ml utk campuran ragi)
    9. 1 butir telur
    10. Secukupnya margarin utk olesan martabak yg sdh matang
    11. 1 sdt vanilli essence atau bubuk vanili
    12. Isi:
    13. Selai kacang/ kacang panggang yg di cacah
    14. Meises
    15. Keju
    16. SKM (Susu Kental Manis putih)

    Cara Membuat

    1. Hangatkan 50ml susu hingga suam2 kuku. Jangan panas, usahakan antara 30-40 derajat celsius. Karena jika panas maka ragi akan mati. Campurkan dgn 1 sdm tepung terigu Cakra dari resep utama. Masukkan ragi inistan, kocok dgn sendok hingga rata, diamkan 20-25 menit hingga ragi aktif. Tandanya muncul buih2.
    2. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, gula, telur, vanili dan sisa susu, kocok dengan mixer hingga halus. Sisihkan
    3. Campurkan adonan terigu dengan ragi yg sudah didiamkan selama 20-25 menit, aduk rata. Tutup wadah adonan dengan kain kering dan diamkan selama 2 jam.
    4. Setalah 2 jam, aduk adonan dengan cara di kepruk2 agar buih dan udara yg ada di adonan bisa keluar. Fungsinya agar adonan menjadi lebih bersarang dan tidak bantat.
    5. Tambahkan margarin, kocok kembali dgn whisk hingga tercampur rata dan adonan halus. Semakin lama mengocok hasil akan lebih baik. Pastikan balon2 udara sdh tidak ada.
    6. Panaskan wajan ukuran 18-20 cm. Posisi api tidak usah besar, karena kita menggunakan ragi jadi usahakan api tidak terlalu besar dan suhu wajan tidak terlalu panas. Tidak perlu di oles apapun karena nanti permukaan bawahnya bisa gosong.
    7. Bagi dua adonan sama rata. Resep ini akan menghasilkan 2 loyang martabak dengan wajan 18-20 cm.
    8. Kocok kembali adonan dengan centong sebelum di masukkan ke dalam loyan pan. Masukkan adonan ke loyang dan kenakan sisi pinggirnya, bisa dgn cara memutar wajan seperti saat mendadar kulit risol, atau bs juga dgn menggunakan centong seperti abang2 martabak yg PRO ????
    9. Kecilkan api, tunggu hingga muncul buih2 yg cukup banyak. Taburkan gula dan tunggu hingga buih telah meletup semua (karena ga sabar saya colok pake tusuk gigi buih2nya, jangan di tiru yaaa ??????) lalu tutup. Tunggu hingga masak dan permukaan kering.
    10. Angkat martabak dr loyang. Selagi panas oleskan margarin. Tutup martabak dgn tutup panci. Setelah margarin terserap, potong martabak jadi 2 bagian. oleskan separuh bagian dengan selai kacang atau taburan kacang panggang dan separuh lagi dgn taburan meises serta keju parut dan beri SKM pada kedua sisi. Saya kelupaan keju parutnya. Tp tetep OK koq.
    11. Tumpuk martabak, oleskan permukaan martabak dgn margarin dan potong sesuai selera.



    Demikianlah Resep Martabak Manis Ragi Teflon, Semoga saja bermanfaat untuk anda.Untuk menemukan berbagai resep makanan dan minuman lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Martabak Manis Ragi Teflon diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Martabak Manis Ragi Teflon diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Martabak Manis Ragi Teflon dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2018/12/resep-martabak-manis-ragi-teflon.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.