Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade
  • Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade oleh Erna Noviyanti

    Berikut ini adalah cara membuat Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade. Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade yang ditulis Erna Noviyanti bisa disajikan .



    bahan dan cara membuat Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade


    Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 500 gram kacang tanah yang bagus
    2. 8-10 gram (1/2 sendok makan) penuh) ragi tempe homemade
    3. Bahan ragi tempe homemade :
    4. 1 buah tempe kedelai yang masih bagus (ukuran kecil)
    5. Tepung beras

    Cara Membuat

    1. Cara membuat ragi homemade : iris tipis-tipis tempe lalu jemur hingga kering kemudian blender hingga halus, tambahkan tepung beras aduk rata dan siap digunakan ragi tempe homemade
    2. Perbandingan tepung tempe dan tepung beras adalah : 1 sdt tepung tempe dicampur dengan 1 sdm tepung beras aduk rata ambil 1/2 sdm untuk digunakan sebagai ragi tempe (sisanya bisa disimpan dalam plastik klip masukkan kulkas)
    3. Cara membuat tempe homemade : Rendam kacang tanah dengan air bersih kurang lebih 12 jam (semalaman)
    4. Rebus kacang tanah yang sudah direndam semalam hingga setengah matang. Angkat dan dinginkan lalu bersihkan kulit ari kacang tanah dengan cara meremas-remas kacang dengan kedua tangan hingga semua kacang terlepas kulit arinya.
    5. Rebus kembali kacang yang sudah bersih dari kulit ari hingga kacang matang. Tiriskan di tampah atau tempat yang bisa meneteskan sisa air kacang. Biarkan dingin, dan kering bebas dari air
    6. Taburkan ragi tempe, campur dengan sendok kayu atau centong nasi (jangan mengaduk dengan tangan karena suhu tubuh bisa membuat ragi mati)
    7. Lalu timbang kurang lebih 125-130gram kacang, masukkan kedalam plastik. Lakukan hingga semua kacang selesai dibungkus plastik. Klip atau rapatkan plastik dengan hackter atau pakai alat perekat elektrik juga bisa (saya pakai api lilin ala jaman dulu hehehe)
    8. Tusuk² plastik yang sudah berisi kacang dengan tusuk gigi atau jarum pentul secara merata pada kedua permukaan plastik agar sirkulasi udara mengalir bagus sehingga tempe bisa menerima oksigen dan proses respirasi ragi berlangsung lancar.
    9. Letakkan tempe ditempat yang bersirkulasi udara baik (udara bebas mengalir dan tidak di tempat yang lembab atau pengap). Taruh berjajar tidak saling bertumpuk di atas rak² yang berlubang, atau rak² apa saja asal memiliki lubang² (saya diatas rak kawat tatakan kue), hal ini berfungsi untuk mengalirkan udara keseluruh permukaan tempe sehingga tidak menghambat proses fermentasi.
    10. Setelah satu hari dari pengemasan kacang,tempe akan mengeluarkan uap air (berkeringat tapi tidak banyak) di dalam plastik
    11. Satu hari berikutnya tempe sudah mulai memadat dan banyak tumbuh spora jamur berwarna putih, pertanda jamur sudah berkembang biak dengan aktif




    Itulah tadi Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade, Semoga saja bermanfaat untuk anda.Untuk mendapatkan resep yang yang lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Tempe Kacang Dengan Ragi HomeMade dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2019/01/resep-tempe-kacang-dengan-ragi-homemade.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.