Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam Kiriman dari Bunda Arni

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam Kiriman dari Bunda Arni
  • Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam oleh Bunda Arni

    Dibawah ini adalah resep memasak Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam. Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam yang dibuat oleh Bunda Arni bisa jadi .



    resep masakan Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam


    Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 1/2 kg ati dan ampela
    2. 1 butir kelapa untuk santan
    3. 100 gram cabe merah
    4. 10 biji cabe rawit
    5. 1 buah tomat ukuran sedang
    6. 2 ruas lengkuas
    7. 1 ruas terasi
    8. 2 lembar daun salam
    9. 4 buah bawang merah
    10. 2 buah bawang putih
    11. 50 gram gula merah / jawa
    12. 2 sdt garam
    13. secukupnya minyak dan air

    Langkah

    1. Bersihkan ampela dan atinya sampai bersih,lalu potong menjadi tiga bagian atau sesuai selera

    2. Saat memotong ampela dan ati, harap dipisahkan. Karena ampela lebih keras jadi harus dimasak lebih dulu. Setelah selesai diiris2, panaskan wajan,lalu masukkan minyak kira2 tig sdm, kemudian goreng ampela hingga setengah matang atau kerang lebih 10 menit diatas api sedang. Setelah itu angkat dan sisihkan. Lalu gantian atinya digoreng dengan technik yang sama,hanya waktunya diperpendek kira 5-7 menit saja.

    3. Kemudian siapkan bumbu halusnya seperti cabe merah, cabe rawit, bawang merah,bawang putih dan juga garam. Jangan lupa untuk memarut kelapa untuk dijadikan santan kental.

    4. Kemudian panaskan wajan kembali, masukkan minyak untuk menumis bumbu halus,terasi dan gula. Tumis bumbu tersebut hingga wangi lalu masukkan santan,aduk2 sampai mendidih.

    5. Setelah itu masukkan daun salam,lengkuas dan ampela ati aduk2 jangan sampai santan pecah. Masaklah ati dan ampela diatas api kecil sambil sesekali diaduk hingga santan berubah menjadi minyak / mengental. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.

    6. Sebelum disajikan, harap cicipi dulu untuk memastikan apakah sudah cukup asin dan gurih. Jika Moms mau, silahkan tambahan vetsin sebagai penambah rasa gurih, tapi kalau saya tidak pakai,karena ampela dan ati sendiri sudah sangat gurih. SELAMAT MENCOBA,MOMS.




    Demikianlah Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam, Semoga berguna untuk pembaca sekalian.Untuk menemukan berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki lebih dari satu juta resep yang pastinya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam Kiriman dari Bunda Arni diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Cara Membuat Sambal Goreng Ampela dan Ati Ayam Kiriman dari Bunda Arni dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2019/12/resep-cara-membuat-sambal-goreng-ampela.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.