Resep Whole Wheat Rolls/Buns Oleh Taa

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Whole Wheat Rolls/Buns Oleh Taa
  • Resep Whole Wheat Rolls/Buns oleh Taa

    Dibawah ini adalah resep masakan Whole Wheat Rolls/Buns. Resep Whole Wheat Rolls/Buns yang dishare oleh Taa dapat disajikan 4 ukuran sedang.



    gambar untuk resep makanan Whole Wheat Rolls/Buns


    Resep Whole Wheat Rolls/Buns


    Porsi: 4 ukuran sedang

    Bahan-bahan

    1. 1 cup Whole Wheat Flour/ 16 sdm Tepung Gandum utuh (dan extra tepung buat ketika diuleni)
    2. 1/2 cangkir air hangat untuk aktifkan raginya
    3. 1 sdt Ragi (saya pake ragi kering)
    4. 1/2 sdt garam
    5. 1 sdm gula pasir
    6. 1 sdm minyak kelapa/olive oil (pakai butter atau mentega juga bisa)
    7. 1 butir telur kocok lepas (kalau untuk vegan bisa tanpa telur)

    Langkah

    1. Aktifkan dulu raginya dengan mencampurkan 1 sdt ragi kering ke air hangat..jangan terlalu panas ya nanti ragi nya mati ??.. Diamkan 15-20 menit sampe berbusa/ragi aktif.

    2. Campur 1 cup tepung gandum,garam,gula.Buat lubang Ditengahnya.

    3. Jika ragi sudah aktif, masukan cairan ragi,telur kocok lepas dan minyak ke dalam tepung terigu, aduk (saya pake tangan aja sih) sampai tercampur, nah tahap ini adonan akan jadi super lengket, taburi extra tepung sedikit demi sedikit sampai agak tidak lengket dan bisa dipindah ke meja yg udah ditaburi tepung untuk tahap diuleni..

    4. Setelah dipindahkan ke meja yg suda ditabur tepung,,sambil diuleni dengan tenaga dalam.. taburi extra tepung supaya engga lengket dan cepat kalis..tp jangan terlalu banyak ya ntar rotinya kuerassss.. Pokoknya uleni sampe kalis dan elastis..

    5. Kalau sudah kalis, bentuk bulat seperti bumi ini.. Taruh di wadah dan tutup pakai kain (jangan gunakan lap bekas ngelap kompor apalagi cucian kotor ??) selama 1 jam kita cuekin dulu adonannya..((hindari selalu dilihat status nya online atau tidak..))

    6. Setelah 1 jam..((ga usah terlalu lama nanti duarrrr ??)) adonan akan mengembang 2x lipat.. Kempeskan sampe ada bunyi Psshhh.. Move on kan lagi ke meja.. Buat dibentuk2..kemudian tata di loyang yg sudah dilapis kertas roti atau kalau saya langsung aja di kertas roti yg sudah ditaburi tepung.. Karenaa tidakk punyaaa loyangggg??????.. Diamkan lagi 1 jam supaya mengembang..

    7. Kalau sudah mengembang..olesi atasnya pakai : kuning telor/madu campur air sedikit biar mengkilat alias kinclong atau kimpling.. Kalau warnanya ya ga akan berubah karena tepung gandum utuh sudah coklat..jadi walau dioles sih cuma kasih efek kinclong aja.."Shine bright like a diamond??" Boleh juga lho ditabur biji2 an diatasnya..

    8. Kalau sudah 1 jam..pre heat oven 5 menit di suhu 175 derajat celcius.. Setelah 5 menit masukann para bola bola cantik kitaaaa untuk dipanggang selama 20 menittttt..

    9. Setelah 20 menit.. Matikan ovennyaaa..jangan overbake..selain akan guosong akan berakibat roti jadi keras..Diamkan dulu di oven 5 menit kemudian Angkattt dan dinginkannn..ulalaaaa mamamiaaaa... Disantap hangat2 dan dioles selaiiii...hmmmm...!! Dan saya yakinkan bahwa makan itu bakalan 1 kurang..?? ini foto dalemnya..lembut empuk dan ulalaaaaa?????? (btw itu engga gosong..tp kebanyakan olesin kuning telor ??)




    Itulah Resep Whole Wheat Rolls/Buns, Semoga saja bermanfaat untuk pembaca sekalian.Untuk menemukan resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. anda bisa menemukan hampir satu juta resep yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Whole Wheat Rolls/Buns diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Whole Wheat Rolls/Buns Oleh Taa diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Whole Wheat Rolls/Buns Oleh Taa dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2015/02/resep-whole-wheat-rollsbuns-oleh-taa.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.