Resep Wajik - Tiny Destianti

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Wajik - Tiny Destianti
  • Resep Wajik oleh Tiny Destianti

    Inilah resep masakan Wajik. Resep Wajik yang dibuat oleh Tiny Destianti dapat disajikan -/+ 20 porsi.



    resep makanan Wajik


    Resep Wajik


    Porsi: -/+ 20 porsi

    Bahan-bahan

    1. 1 kg beras ketan
    2. 1/2 kg gula merah (jika suka manis bisa tambahkan)
    3. 1 kg santan kental
    4. secukupnya garam
    5. 1 ruas jahe (iris tipis2)
    6. 2 lembar daun pandan(ikat simpul)
    7. 1 liter air

    Langkah

    1. Cuci bersih beras ketan

    2. Rebus air hingga mendidih. Tiriskan beras, lalu tempatkan dibaskom terpisah, siram dengan air tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk. Sisihkan

    3. Siapkan panci kukusan, didihkan airnya, lalu masukan beras yg sudah diaron dengan air panas tadi. Kukus hingga nasi matang (kurang lebih 30 menit) tektur beras tetap utuh tidak lembek tp matang.

    4. Membuat air gula : iris tipis2 gula merah lalu rebus dengan air hingga gula terendam (jangan lebih) sampai gula hancur, saring, buang ampas dan kotoranya.

    5. Di wajan yg agak besar masukan air gula, santan, daun pandan, jahe dan garam. masak sambil diaduk hingga menyusut yaitu saat keluar letupan2 (dalam istilah jawa " mata ulo)

    6. Setelah keluar mata ulo, bisa langsung campurkan beras ketan yg sudah matang. Dalam proses ini memerlukan waktu yg paling lama (kurleb 1 jam) Diatas wajan bolak balik adonan hingga merata dan supaya tidak gosong. Aduk terus adonan hingga adonan kalis dan tidak lengket lagi. Adonan bisa dibilang matang apabila kita mengambil sedikit adonan dan berlahan ke atas akan terlihat benang2 atau serat seperti rambut (kalo istilah jawa ngrambuti ??????)

    7. Setelah adonan matang dan kalis, padamkan kompor diamkan 15 menit. Siapkan cetakan (bisa cetakan bolu atau apa saja sesuai selera / saya menggunakan cetakan bolu). Olesi cetakan dengan minyak goreng supaya tidak lengket. Tuang adonan, gunakan plastik kiloan untuk meratakan adonan. Tekan2 adonan hingga rata, rapih dan padat (kalo tidak padat susah di potong). Diamkan hingga agak dingin atau sampai bisa dilepas dr cetakan. Diamkan semalam baru bisa dipotong2. (kalo masih hangat susah dipotong)

    8. Apabila tidak ada cetakan bisa menggunakan cara tradisional, yaitu ambil sebagian adonan bentuk lonjong seperti lontong tp agak besar sedikit lalu gulung dengan daun pisang, lalu lipat bagian ujung daun. Diamkan semalaman baru bisa dipotong.

    9. Setelah semalaman wajik siap dipotong dan dinikmati....????

    10. Selamat mencoba...??????




    Itulah Resep Wajik, Harapan kami berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. anda bisa menemukan hampir satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Wajik diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Wajik - Tiny Destianti diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Wajik - Tiny Destianti dengan alamat Url: https://meiting-fairytales.blogspot.com/2017/01/resep-wajik-tiny-destianti.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.